Boradi : KPU Kabupaten/Kota harus menyusun Kebutuhan Logistik secara akurat

Boradi : KPU Kabupaten/Kota harus menyusun Kebutuhan Logistik secara akurat

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Persiapan demi persiapan telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Biro Logistik dalam mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Tahapan ini penting untuk dilakukan agar supaya Biro Logistik memperoleh data yang akurat dan terbaru terkait dengan logistik. Data ini akan digunakan dalam penyusunan anggaran yang akan disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Melalui Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kebutuhan dan Pengelolaan Logistik serta Penganggaran yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara juga dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota, Boradi selaku Staff Ahli KPU RI bidang Logistik memberikan materi terkait Penyusunan Rencana Kebutuhan Logistik. Boradi menekankan pentingnya KPU Kabupaten/Kota untuk menyusunan secara detail dengan perhitungan yang akurat agar nanti kebutuhan dan anggaran yang dibutuhkan boleh terpenuhi.

Memang KPU RI selama ini mengalami kendala untuk memenuhi kebutuhan secara meyeluruh dikarenakan anggaran yang disetujui oleh pihak DPR Ri tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, sehingga menyulitkan KPU RI untuk memenuhi semua permintaan. Oleh karenanya, Boradi menyampaikan kepada peserta untuk menyusun sesuai dengan keadaan lapangan yang ada serta didukung oleh bukti yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan untuk dilampirkan dalam usulan.

Perencanaan anggaran tersebut diantaranya meliputi kebutuhan anggaran distribusi logistik, sortir surat suara,sewa gudang, serta kebutuhan-kebutuhan lainnya. “Paling lambat bulan Juni ini KPU kabupaten/kota dan provinsi harus sudah dikirim data kebutuhan ke KPU. Mengingat perencanaan dari daerah akan menjadi dasar kami untuk mengajukan ke Pemerintah,” tegasnya.

Selain memberikan materi terkait dengan Penyusunan Rencana Kebutuhan, Biro Logistik juga mensosialisasikan pentingnya e-katalog dalam proses pengadaan barang dan jasa. Didit selaku Staf Biro Logistik menekankan pentingnya mekanisme e-katalog dalam membuat proses pengadaan barang/jasa di KPU. Manfaat e-katalog sendiri antara lain yaitu :

  • Tidak perlu penyusunan HPS dan terstandarnya Spesifikasi Teknis;
  • Mengurangi biaya transaksi proses pengadaan (tidak memerlukan pembuktian kualifikasi dan honor pokja ulp) ;
  • Mengurangi resiko kegagalan lelang dalam proses pengadaan;
  • Efisiensi waktu pengadaan (dari minimal 20 hari untuk lelang umum, menjadi 3 hari untuk e-katalog);
  • Mengurangi jumlah SDM (dari minimal 3 orang pokja ulp dan PPK, menjadi PPK dan Pejabat Pengadaan) ;
  • Mengurangi resiko hukum dan memberikan rasa aman terhadap pengelola pengadaan;
  • Proses pengadaan lebih Efektif, efisien dan akuntabel;
  • Mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah.

Selain membuat proses pengadaan menjadi lebih baik, dan aman, mekanisme tersebut dapat membuat harga barang-barang yang akan diadakan menjadi lebih stabil karena seluruh kebutuhan instansi selama satu tahun ke depan harus terlebih dulu di input ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). (admin/kpusulut/evans)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran