PARPOL Calon Peserta Pemilu 2019 mulai memanfaatkan Help Desk SIPOL

PARPOL Calon Peserta Pemilu 2019 mulai memanfaatkan Help Desk SIPOL

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Sejak dibuka secara resmi oleh Komisioner KPU RI (Viryan) pada tanggal 13 Mei 2017, Help Desk SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) KPU Prov. Sulut sudah di datangi pengurus daerah Parpol calon peserta Pemilu 2019, yakni pengurus DPW Partai Rakyat dan DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dari Partai Rakyat meminta informasi terkait jumlah Daftar Pemilih Tetap  (DPT) Pemilihan Tahun 2015. Lewat perwakilannya yang hadir yaitu  Abram M. dan Ricko Roring, mereka menerangkan bahwa data tersebut akan dipakai untuk persiapan administrasi syarat pendaftaran dan verifikasi Parpol.

Para petugas help desk menerangkan bahwa terkait DPT Pilkada 2015 dapat diakses melalui laman www.kpu.go.id secara jelas dengan mengklik fitur Daftar Pemilih Pilkada Online. Sedangkan informasi terkait jumlah badan penyelenggara ad hock dapat mengklik fitur Info Pilkada selanjutnya klik SITAP 2015 jika ingin melihat badan ad hock se-Sulut. Jumlah penyelenggara ad hock PPK sama dengan jumlah Kecamatan di Sulut sehingga data ini yang mereka akan gunakan untuk pemetaan prosentase jumlah kepengurusan partai di tingkat kecamatan, demikian jelas Ricko Roring.

Sementara di hari yang berbeda (Jumat, 19 Mei 2017) Pengurus DPW PSI Sulut menggunakan layanan Help Desk SIPOL untuk memperoleh informasi terkai proses pendaftaran dan verifikasi Parpol dan penggunaan SIPOL. Lewat Kepala Pengawas Help Desk (Holly Kotulus, SH, MH.), para pengurus ini mendapatkan informasi teknis terkait penggunaan aplkasi SIPOL. Aplikasi ini akan sangat membantu Parpol calon peserta Pemilu 2019 dalam mengadministrasikan syarat-syarat Parpol menjadi peserta Pemilu 2019.

Diterangkan bahwa aplikasi yang berbasis TI ini memuat fitur-fitur seperti Pengurus, Alamat dan status kantor, serta input data anggota Partai Politik. Aplikasi SIPOL sangat memudahkan Parpol untuk mengentry data anggota secara detil dan tersimpan dalam user masing-masing. Dengan aplikasi ini pula tiap parpol lebih dahulu bisa mengecek kemungkinan kegandaan data anggotanya baik kegandaan dalam satu parpol atau kegandaan dengan parpol lain.  Hal ini tinggal mengklik fitur cek kegandaan dalam aplikasi SIPOL. Dengan demikian Parpol dapat memverifikasi internal lebih dahulu, demikian terang Kasubag Hukum, Ibu Holly Kotulus.

Selanjutnya Melky Pangemanan selaku Ketua DPW PSI Sulut mengatakan bahwa partainya sudah memiliki aplikasi data base terkait kepengurusan dan anggota. Pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran DPP agar data base ini dapat diintegrasikan dengan apa yang disyaratkan di aplikasi SIPOL. Pada prinsipnya data base yang dimilikinya sudah mirip dengan apa yang disyaratkan KPU. Sehingga tinggal mengadakan perbaikan seperlunya, pungkasnya. Kehadiran Melky di fasilitas Help Desk SIPOL KPU Prov. Sulut didampingi oleh rekan pengurusnya yaitu Farly Datau selaku Wakil Sekretaris dan Lanny Sambul sebagai Wakil Bendahara.(by.Y.Pahargyo/helpdesk Sipol)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran