Pentingnya E-Katalog dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan KPU

Pentingnya E-Katalog dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan KPU

Bandung, kpu-sulutprov.go.id - Mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2013 tentang Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan KPU, Biro Logistik mengadakan Rapat Kerja ULP dan LPSE KPU Provinsi Se Indonesia sekaligs Pemberian Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Barang dan Jasa Pemilu/Pemilihan melalui  E-Tendering dan E-Purchasing. 

Pelaksanaan kegiatan ini digelar di Hotel Mercure Setiabudi Bandung yang dilaksanakan sejak tangga 6 s/d 8 April 2017. Adapun peserta yang hadir yaitu Divisi Logistik, ULP maupun Admin Agency/Operator Sirup. KPU Provinsi Sulawesi Utara sediri dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Vivi George selaku Divisi Logistik dan ULP yang diwakili oleh Evans Tulungen selaku Sekretaris ULP dan Yulita Pusung sekalu Operator Sirup. 

Anggota KPU RI Arief Budiman dalam sambutan sekaligus membuka acara menekankan pentingnya mekanisme e-katalog dalam membuat proses pengadaan barang/jasa di KPU menjadi lebih mudah, Kamis (6/4). Hal tersebut karena satker KPU yang menggunakan mekanisme e-katalog tidak akan direpotkan dengan proses lelang yang jika tidak dikelola dengan baik, hal itu dapat berdampak pada persoalan hukum.

Arief menjelaskan bahwa idealnya seluruh kebutuhan pemilu sudah masuk di dalam e-katalog. Untuk itu KPU akan segera memasukkan 3 jenis logistik pemilu lainnya. Hal itu merupakan upaya yang dilakukan untuk membuat proses pengadaan logistik makin baik, serta membuat mekanisme pengadaan tersebut menjadi aman.

Selain membuat proses pengadaan menjadi lebih baik, dan aman, Arief juga menjelaskan bahwa mekanisme tersebut dapat membuat harga barang-barang yang akan diadakan menjadi lebih stabil karena seluruh kebutuhan instansi selama satu tahun ke depan harus terlebih dulu di input ke dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan sosialisi terkait kebijakan KPU dalam pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa pada Pemilu Nasional 2019 dan Pemillihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018. Untuk Pilkada 2018 KPU RI akan mengusulkan kepada LKPP kebutuhan Logistik yang akan dimaksukkan kedalam e-katalog diantaranya Kotak Suara, Bilik Suara, Bahan Kampanye. 

Materi yang disampaikan dalam Bimbingan Teknis dan Sosialisasi cukup beragam. Diantaranya dari Mahkamah Agung, Bareskrim Polri, LKPP maupun dari Pihak BPK. KPU RI juga menghadirkan ULP Kota Surabaya dan LPSE Kota Bandung dalam kegiatan tersebut sekaligus untuk membagi pengalaman dan pengetahun terkait mekanisme pengadaan barang dan jasa dikedua kota tersebut. (admin/kpusulut/evans.FOTO:kpu.go.id)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran