Pentingnya Perencanaan Kebutuhan dan Anggaran Logistik untuk mendukung Pemilu 2019

Pentingnya Perencanaan Kebutuhan dan Anggaran Logistik untuk mendukung Pemilu 2019

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Pengelolaan logistik tidak hanya soal Norma, Standar, Prosedur, dan Kebutuhan (NSPK), tetapi penyelenggara juga harus sejak awal memahami seluruh tahapan yang ada. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu adanya penyusunan rencana kebutuhan logistik baik pemilu maupun pemilihan kepala daerah.

Tahapan ini penting untuk dilaksanakan agar supaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperoleh informasi yang akurat berupa data dan anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan. 

Sebagaimana diatur dalam Undang- undang Nomor 15 Tahun 2011 Pasal 66, Sekretaris Jenderal KPU berwenang mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan penyelenggaraan Pemilu berdasarkan Norma, Standar, Prosedur, dan kebutuhan yang ditetapkan oleh KPU. Atas dasar itulah KPU RI melalui Biro Logistik mempersiapkan dan menyusun rencana kebutuhan Pemilu 2019 dengan mengkoordinasikannya bersama KPU Provinsi se Indonesia.

Bertempat di Best Western The Lagoon Hotel Manado, KPU Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kebutuhan dan Pengelolaan Logistik Pemilu/Pemilihan dan Penganggaran dengan KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara pada tanggal 23 s.d 24 Mei 2017. Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Divisi Umum, Keuangan dan Logistik dan Sekretaris ataupun Kepala Sub Bagian Umum di KPU Kabupaten/Kota.

Acara dibuka oleh Vivi George selaku Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Provinsi Sulawesi Utara. Sebelum pembukaan Ferrie Ranti, SH selaku Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik dalam laporannya bahwa kegiatan ini sudah kedua kali dialaksanakan, dimana pada tanggal 9 Maret 2017 bertempat di Hotel Swiss Bell Manado diadakan acara serupa namun lebih ditekankan pada Evaluasi Logistik Pilkada 2015 dan 2017. Hadir dalam acara Pembukaan Boradi bersama dengan Tim Logistik selaku narasumber dalam kegiatan.

Dalam sambutanya Vivi George menekankan perlu adanya Perencanaan dan Penyusunan Kebutuhan serta pengganggaran dari tingkat bawah agar supaya benar- benar kebutuhan logistik boleh terpenuhi. "Perencanaan yang baik tentunya harus dimulai dari tingkat paling bawah dengan melakukan perhitungan dan kalkulasi yang tepat agar supaya kebutuhan logisitik yang menunjang proses pemilihan boleh terpenuhi secara akurat" ucar vivi.

Pada prinsipnya perecanaan kebutuhan dan pengelolaan Logistik ini merupakan tahapan yang penting dilaksanakan untuk memperoleh informasi dan data yang akurat dan terbaru dari tingkatan yang paling bawah agar supaya KPU RI selaku pengambil kebijakan dan penyusun anggaran memperoleh gambaran yang jelas berapa kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk Pemilu 2019.

Logistik Pilkada 2018

Selain penyusunan rencana kebutuhan logistik untuk Pemilu 2019, dalam acara ini juga KPU Kabupaten/Kota menyampaikan dan mengkosultasikan terkait penyusunan rencana kebutuhan Logistik Pilkada 2018. Ini penting karena ada beberapa kebijakan yang terbaru terkait pengadaan logistik yaitu dengan adanya e-katalog.

Selain itu ada beberapa informasi terbaru yang nantinya akan membantu KPU Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Tahun 2018 terkait dengan kebijakan yang akan diambil oleh KPU RI terkait beberapa item yang akan dikatalogkan. Sebagai informasi pada Tahun 2018 terdapat 6 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada diantaranya Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Menurut Evans Tulungen selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik KPU Provinsi Sulawesi Utara, kegiatan selama 2 (dua) hari ini diharapkan output yang dihasilkan Perencanaan Kebutuhan dan Penggaran Logistik dari KPU Kabupaten/Kota yang telah disusun dan dirapatkan dengan Pimpinan untuk memperoleh data yang akurat dari tingkat bawah. Selain itu acara itu juga dapat memberikan pemahaman yang sama terakait menganisme pengelolaan logistik dan pengadaannya. (admin/kpusulut)

 



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran