Persiapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, KPU Gelar Rapat Koordinasi

Persiapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, KPU Gelar Rapat Koordinasi

Yogyakarta,kpu-sulutprov.go.id – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, KPU menggelar Rapat Koordinasi Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu di Kota Yogyakarta hari ini (2/8). Rakor yang mengusung tema “be a good electoral officer” ini menekankan kepada para peserta rapat untuk terus menjaga integritas dan kredibilitas penyelenggaraan Pemilu sehingga kualitas Pemilu dapat terus ditingkatkan. 

Dalam sambutannya, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan bahwa hasil Pemilu yang kredibel dihasilkan oleh penyelenggara Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. “Ini harus ditekankan agar persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan (rakor) ini bermanfaat dan membuat Pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik,”tegas Arief. 

Senada dengan Arief, Anggota KPU, Ilham Saputra juga menekankan untuk melaksanakan seluruh tahapan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan sekecil apapun. “ Jangan ada pelanggaran dan pemihakan kepada pasangan calon ya,” tegas Ilham. 

Misalnya di dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara, penyelenggara wajib menghindari potensi penyimpangan yang berakibat berubahnya hasil perolehan suara di luar ketentuan serta proses pemungutan dan penghitungan suara harus diselenggarakan secara transparan, tepat waktu dan melibatkan pihak-pihak lain sesuai ketentuan perundang-undangan. 

“Di dalam pencalonan juga, penyelenggara harus paham benar yang dimaksud dengan syarat pencalonan dan syarat calon. Proses pencalonan terutama saat melakukan verifikasi juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan jadwal yang sudah ditetapkan,” kata Ilham. 

Hadir dalam acara ini, Wakil Gubernur Provinsi DI Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X, juga menyambut baik penyelenggaraan rakor ini. “Dengan diselenggarakannya rapat koordinasi ini semoga dapat memberikan harapan terhadap peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilu yang lebih baik,” harap Sri Paduka Paku Alam X. [An]

Sumber : kpu.go.id




  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran