SIMONIKA bentuk Transparansi Pengelolaan Anggaran di Lingkungan KPU

SIMONIKA bentuk Transparansi Pengelolaan Anggaran di Lingkungan KPU

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Dalam rangka mengingkatkan aspek transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran pada lingkungan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI), publik dapat mengakses seluruh anggaran yang terdapat dilingkungan KPU melalui aplikasi Sistem Pelaporan dan Monitoring Keuangan (SIMONIKA) ini. Portal ini juga digunakan oleh KPU Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan pelaporan kegiatan keuangan pada unit kerja masing-masing. Pengelola aplikasi ini adalah Biro Keuangan Komisi Pemilihan Umum - Republik Indonesia.

Bertempat di Ruang Rapat KPU Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (2/6) Tim dari Bagian Verifikasi Biro Keuangan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia melakukan Sosialisasi sekaligus Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Pelaporan dan Monitoring Keuangan (SIMONIKA). Tujuan dari sosialiasi ini untuk memberikan informasi kepada petugas satuan kerja (satker) di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara terkait manfaat dari penggunaan aplikasi SIMONIKA ini.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ini sendiri dibuka langsung oleh Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara V.J.A Oroh, SH., MH dan didampingi oleh Drs. Djemmy Tamboto selaku Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik. Sedangkan Peserta yang hadir dalam Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SIMONIKA yaitu Bendahara dan Operator Keuangan di 15 KPU Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya Jona Oroh menekankan perlunya Koordinasi dan Pengawasan secara berjenjang dalam pengelolaan Keuangan. "Dari tahun ke tahun KPU terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan pertanggungjawaban keuangan. Ini ditandai dengan transparansi pengelolaan anggaran di lingkungan Komisi Pemilihan Umum baik di Pusat maupun di daerah. Dengan adanya Sistem ini Komisi Pemilihan Umum dengan menjunjung tinggi aspek transparansi memberikan suatu sarana bagi siapa saja untuk melihat penggunaan anggaran di lingkungan Komisi Pemilihan Umum".

Acara Sosialisasi dan Bimbingan teknis dilaksanakan oleh Sub Bagian Keuangan KPU Provinsi Sulawesi Utara bersama dengan Bagian Verifikasi Biro Keuangan Komisi Pemilihan Umum. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh operator Keuangan secara berkala menginput dan melaporkan realiasi penggunaan anggaran di satker masing- masing. (admin/evans/kpusulut)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran