Tim Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2017 - 2022 Terbentuk

Tim Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2017 - 2022 Terbentuk

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu periode 2017-2022 akan melaksanakan tugasnya hingga pekan terakhir Februari 2017. Anggota KPU dan Bawaslu yang baru harus diseleksi enam bulan sebelum masa kerja komisioner KPU dan Bawaslu saat ini berakhir. Untuk memilih komisioner, pemerintah membentuk panitia seleksi. Hal itu sesuai dengan Pasal 17 UU Penyelenggaraan Pemilu. Setelah itu, Timsel akan menyerahkan daftar calon anggota KPU dan Bawaslu kepada Presiden Joko Widodo.

Pembentukan Timsel ini berdasarkan surat Keputusan Presiden tekait nama-nama tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022. Keppres tersebut bernomor 98/P Tahun 2016 per tanggal 2 September 2016. Adapun nama- nama yang Timsel KPU dan Bawaslu yaitu Ketua merangkap Anggota: Prof Dr Saldi Isra, SH, MPA, Wakil Ketua merangkap Anggota: Prof Dr Ramlan Surbakti, Sekretaris merangkap Anggota: Soedarmo dan Anggota terdiri dari Prof Dr Widodo Ekatjahjan SH, M.Hum, Dra Valina Singka Subekti M,Si, Prof Dr Hamdi Muluk, M.Si, Nicolaus Teguh Budi Harjanto, MA, Ph.D, Erwan Agus Purwanto M.Si, Prof Dr Harjono SH, MCI, Ir Betti Alisjahbana, Prof Dr Komarudin Hidayat

Dalam pelaksanaan Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu, ada tiga tahap penting yang akan dilewati oleh Timsel. Tahap pertama adalah pembukaan pencalonan dan pengumuman mereka yg memenuhi persyaratan. Kedua ada beberapa rangkaian seleksi, lalu terakhir tahap wawancara yang hasilnya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Pada tahap pencalonan, Timsel memulainya dengan mensosialisasikan pengumuman pendaftaran calon anggota melalui media massa. Setelah itu, mereka akan menerima pendaftaran yang masuk. Penelitian administrasi akan dilakukan usai tahap pendaftaran. Kemudian, Timsel akan mengumumkan hasil penelitian administrasi sebelum melakukan seleksi tertulis dan tes kesehatan kepada bakal calon anggota KPU dan Bawaslu. Selain tes tertulis dan kesehatan, Timsel juga akan menggelar tes psikologi sebelum mengumumkan nama-nama bakal calon anggota KPU dan Bawaslu. 

Kemudian Timsel akan mengumumkan nama-nama bakal calon yang lolos tes dan melakukan wawancara lanjutan pada mereka. Setelah itu, Timsel menetapkan 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu yang akan diserahkan ke Presiden. 



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran