Tingkatkan Pemahaman, KPU SULUT Sosialisasikan Kearsipan dan Tata Naskah Dinas

Tingkatkan Pemahaman, KPU SULUT Sosialisasikan Kearsipan dan Tata Naskah Dinas

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Naskah Dinas KPU serta Keputusan KPU RI Nomor 15 Tahun 2017 tentang Kode Klasifikasi Arsip dan Pengkodean Naskah Dinas kepada KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Best Western The Lagoon Hotel Selasa (28/11). 

Untuk lebih meningkatkan Pemahanan terkait Bidang Kearsipan, KPU Provinsi Sulawesi Utara mengundang Bagian Tata Usaha Biro Umum Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI. Adapun narasumber yang hadir yaitu Endang Pujiastuti Secapawati Kepala Bagian Tata Usaha dan Khrisnamoni Kepala Sub Bagian Persuratan dan Kearsipan. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Kearsipan dan Tata Naskah Dinas yaitu 15 KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum serta Staf yang membidangi.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Djemmy Tamboto selaku Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM juga selaku Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara, dan didampingi Evans Tulungen selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik serta Rudy Lalonsang selaku Kepala Sub Bagian Keuangan.

Dalam sambutannya Djemmy menekankan pentingnya bagi peserta untuk memahami bidang kearsipan, karena bagian Tata Usaha merupakan bagian penting dalam pelaksanaan kegiatan di satuan kerja (Satker). " Tanpa Tata Usaha roda organisasi KPU tidak bisa berjalan sebagaimana tugas dan fungsinya. Jangan menganggap bagian Tata Usaha hanya sebagai pelengkap saja tapi mari melihat bagian ini dalam satu kesatuan organisasi."

Endang Pujiastuti selaku Narasumber menyampaikan bahwa “Kode klasifikasi arsip disusun untuk mempermudah pengelolaan arsip dinamis di KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota,”. Lebih lanjut dijelaskan, bahwa arsip dibagi menjadi dua klaifikasi, yakni arsip subtantif dan fasilitatif. Arsip subtantif terdiri dari arsip Persiapan Pemilu atau Pemilihan, arsip Pelaksanaan Pemilu atau Pemilihan, dan arsip Penyelesaian Pemilu atau Pemilihan.

Diimbuhkan, pengkodean pada kode klasifikasi arsip didasarkan pada subtansi naskah dinas sehingga isi dari naskah dinas dapat diketahui kode klasifikasi arsip berkaitan erat dengan pengelolaan arsip berdasarkan jadwal retensinya. Oleh karena itu selaku administrator di lingkungan KPU dituntut untuk melaksanakan tata kearsipan dan pengkodean naskah dinas secara efektif dan efisien untuk menunjang kelancaran komunikasi kedinasan dan kemudahan dalam pegendalian pelaksanaanya. (admin/kpusulut/evans)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon
    0431-841346

    Fax
    0431-841346

  • Peta Lokasi

  • Kotak Saran